Search This Blog

Tuesday, September 29, 2015

Penderita Thalasemia Akan Mendapat Kartu BPJS Kesehatan PBI

Kabar gembira bagi masyarakat penderita penyakit thalasemia. Pasalnya mereka akan mendapatkan kartu BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Untuk itu Ketua Donor Darah Indragiri Hilir (KDDI) Hendri Irawan, meminta masyarakat penderita penyakit ini segera melaporkan kepada pihaknya untuk didaftarkan menjadi peserta BPJS Kesehatan. “Penderita penyakit ini sangat ketergantungan darah yang memerlukan biaya besar. Oleh sebab itu mereka perlu menjadi peserta BPJS,” ungkap Iwan, Ahad (27/9).

Berdasarkan data yang ada, penderita thalasemia di Kabupaten Inhil berjumlah 25 orang. Dari total itu yang rutin berobat hanya 6 orang. Hal itu mungkin disebabkan beberapa faktor, antara lain faktor ekonomi.

“Silakan hubungi kami (KDDI), baik melalui saya pribadi. Semua biaya pengurusan PBI akan ditanggung,” tutur Iwan.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat yang ingin menjadi relawan donor darah, juga menghubunginya. Karena setetes darah yang di donorkan dapat membantu kelangsungan hidup seseorang.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan Inhil, Saut Pakpahan, membenarkan adanya program tersebut. Menurut Saut, Pemkab Inhil akan menjadikan para penderita thalasemia sebagai peserta BPJS PBI. “Kita masih menunggu data penderita penyakit ini. Bagi masyarakat yang keluarganya penderita thalasemia silakan hubungi kami,” jelas Saut Pakpahan.(adv/b/mal)

Sumber : Riau Pos

0 komentar:

Post a Comment