Search This Blog

Saturday, August 22, 2015

Bagaimana : Cara Memeriksa Bahwa Grouper Yang Terpasang Sudah Benar

Banyaknya update perpanjangan grouper seringkali membuat kita bingung, update yang manakah yang terbaru. Terutama ketika kita hendak melakukan instalasi INACBG dari awal, baik karena komputer baru misalnya, atau karena sebab lain. Terlebih jika penyimpanan file kita tidak diatur dengan tertib kita akan makin bingung menentukannya. Selain itu, beberapa pengguna mengeluhkan munculnya pemberitahuan bahwa lisensi telah habis atau Lisence Expired. Padahal merasa sudah memasang grouper terbaru yang semestinya baru expired pada 30 Juni 2016 31 Januari 2017. Benarkah sudah terpasang grouper terbaru? yuk kita cek...

Kita akan memeriksa digital signature atau tandatangan digital yang terdapat pada file grouper di komputer kita untuk mengetahui versi grouper yang terpasang. Tandatangan digital yang kita peroleh kita bandingkan dengan tandatangan digital yang benar sebagai acuan. Berikut langkah-langkah memeriksa apakah grouper yang terpasang di server INACBG merupakan grouper terbaru :
  1. Buka browser atau Tab baru pada browser dan kunjungi www.onlinemd5.com
  2. Website ini merupakan perkakas online yang dapat memeriksa tandatangan digital suatu file dengan metode HashMD5. Dengan adanya perkakas online ini kita tidak perlu memasang aplikasi apapun pada komputer kita. Tampilan halaman utama website tersebut akan nampak seperti gambar diatas. Klik untuk memperbesar gambar.

  3. Pilih file yang akan diperiksa tandatangan digitalnya
  4. Untuk memilih file, klik tombol Browse atau Pilih File, nama tombol tergantung dari kondisi komputer masing-masing, bisa dalam bahasa indonesia atau dalam bahasa inggris. Tombol ditandai dengan angka satu pada gambar diatas.

    Setelah di klik tombol tersebut akan muncul kotak dialog Open File. masuk ke folder C:\Inacbg dan klik file unugrouper.dll, kemudian klik Open. Perhatikan pada file Checksum. Pada field tersebut akan muncul tandatangan digital dari file tersebut. Kemudian pada field Compare With ketik hash berikut ini atau copy paste ke field tersebut. 2B0CA59D4D49373A9BD59C10CB460614

    Perhatikan tanda disebelah kanan field tersebut, jika tanda centang warna hijau, artinya hash MD5 file tersebut cocok dengan yang kita masukan. Namun jika tanda silang merah artinya tidak cocok. Perhatikan lagi apakah sudah anda masukan dengan benar hash MD5 pembandingnya? jika sudah benar namun tetap tanda silang merah artinya grouper yang terdapat di komputer INACBG bukan edisi terakhir.
Sebenarnya ada dua file yang harus diperiksa tandatangan digitalnya selain unugrouper.dll. Namun jika satu file tersebut tidak sesuai sebaiknya install aplikasi grouper terbaru. Namun jika file tersebut sudah memiliki tandatangan digital yang sesuai maka file kedua juga harus diperiksa, karena keduanya bekerja bersama-sama (selain file pendukung lainnya).

Lakukan langkah satu dan langkah dua tersebut diatas, namun untuk kali ini pilih file xengine.dll. masukan Hash MD5 pembandingnya berikut ini B39B2D37D55086ED8944D0DE78A292D1

Hasil komparasinya sama dengan langkah sebelumnya, jika hasilnya centang warna hijau artinya grouper tersebut sudah versi update terbaru, namun jika silang merah maka segera lakukan update grouper terbaru.

Bermanfaat ? silahkan share. Atau punya tulisan tentang JKN baik tentang INACBG, Diagnosis, Prosedur, BPJS Kesehatan, sistem JKN dan lain sebaginya. Silahkan kirim ke infoinacbg@gmail.com untuk di publish melalui www.inacbg.net. Identitas sebagai penulis akan tetap di sertakan pada tulisan yang anda kirim.

3 komentar:

  1. muncul ket ini waktu grouper..
    " Gagal untuk memperoleh hasil grouper. Silakan hubungi Administrator. "

    Mohon Bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikuti petunjuk sesuai permenkes No. 27 Tahun 2014 halaman 25.

      Delete