Search This Blog

Tuesday, May 2, 2017

DOWNLOAD : UPDATE PATCH E-KLAIM VERSI 5.1.1.201705010501

Untuk menyempurnakan fitur aplikasi E-Klaim NCC kembali merilis update patch untuk memperbarui aplikasi yang sudah terpasang di Rumah Sakit. Ada beberapa bug yang diperbarui pada rilis kali ini terutama masalah transfer data ke pusat data kesehatan dan tingkat keandalan pengiriman data dari server E-Klaim ke data center kementerian kesehatan. Berikut ini beberapa tambahan pada update patch seri 201705010501.

  1. Keandalan (Reliabilitas) pengiriman data onlien
  2. Buat sebagian yang selalu mengirimkan data klaim secara onlien ke pusat data kementerian kesehatan terkadang mengeluh dengan kendala kegagalan pengiriman data tanpa tahu pasti kenapa, padahal kalau di cek akses internet lancar bahkan untuk membuak youtube sekalipun. Pada perbaikan patch kali ini telah ditambahakn standar waktu yang lebih untuk menjamin data terkirim dengan sempurna.
  3. Penambahan fungsi sortir pada laporan individual
  4. Terutama bagi yang sudah menjalankan vedika, tentu sangat membutuhan laporan individual yang ditampilkan secara berurut. Meskipun belum vedika, pengguna juga akan lebih nyaman jika data ditampilkan dalam urutan tertentu. Pada versi ini fitur sortir sudah ditambahkan. urutan bisa dibuat berdasarkan tanggal pulang, waktu grouping, waktu pulang, tanggal masuk atau Nomor SEP.
  5. Perbaikan pada modul import file text
  6. Bagi yang masih suka menggunaan fitur import text, pada versi ini sudah dilakukan penyempurnaan lagi.
  7. Cetak monitoring status klaim
  8. Fitur ini tentu sangat di harapkan oleh rs terutama yang belum melakukan bridging sistem SIMRS dengan SEP atau pun SIMRS dengan E-Klaim. Monitoring status klaim sekarang dapat di unduh.
  9. Perbaikan pada laporan individual, diagnosa dan CBG
  10. Perbaikan kode ICD10
  11. Ini merupakan perubahan yang perlu mendapat perhatian serius, bahwa dalam perbaikan kali ini telah dilakukan penyempurnaan pada diagnosis terdaftar dalam e-klaim.
  12. Nomor kartu terlalu pendek, ditambah jadi 40 karakter
  13. Untuk beberapa daerah yang memanfaatkan E-Klaim untuk pengajuan klaim jamkesda dan memiliki nomor panjang, pada versi ini telah dilakukan dukungan pada penggunaan nomor lebar hingga 40 karakter.
  14. UNUGrouper logic
  15. Adanya penyempurnaan pada logika groper yang digunakan pada E-klaim. perubahan ini diharapkan dapat menyempurnakan hasil gruping E-Klaim menjadi lebih baik lagi.

    Beberapa diagnosis yang dapat diperhatikan diantaranya adalah Diagnosa dengan kode M47, M79 dan P90.
Informasi lebih detail tentang aplikasi E-Klaim dapat di baca pada Petunjuk Teknis pada link dibawah.

Link Download

Update Patch E-Klaim VERSI 5.1.1.201705010501
Petunjuk Teknis E-Klaim VERSI 5.1.1.201705010501
Full Installer E-Klaim

Proses intsalasi

Setelah mendownload udpate patch, silahkan jalankan patch sesuai instruksi yang muncul pada layar. Ingat pada saat proses instalsi, xampp dalam keadaan on. Upayakan tidak ada client yang sedang menjalankan palikasi E-Klaim.

Untuk mengikuti tulisan-tulisan dalam website ini dan informasi terbaru tentang Casemix, silahkan ikuti chanel E-Klaim dan INACBG melalui aplikasi telegram di link berikut ini.


73 komentar:

  1. Mas , numpang tanya, cara menginstal Eclaim di Mac , bagaimana yah? apakah caranya sama dengan di Windows?
    trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. E-Klaim secara default hanya bisa di install di Windows Vista atau sesudahnya

      Delete
    2. begitu yah, maaf sekali lagi ...
      barusan ada masalah dengan eclaim di tempat saya finalnya tidak muncul, lalu ketika saya instal patch ini, sudah bisa , tapi ketika akan mengambil file.txt list data yg sudah di input , kenapa jadi tidak muncul yah?
      terima kasih

      Delete
    3. sekalian untuk ngebackup data kita sekalian restorenya harus bagaimana?
      kenapa tidak ada lagi menu untuk perawatannya?

      Delete
    4. silahkan lakukan pengiriman data kekemenkes.

      Silahkan baca lebih detail lagi Juknisnya.

      Delete
  2. Mas mau tanya kemaren saya instal incbg versi 5.1 instaler kosong di pc baru dgn rs type c..sementara di pc lama sudah terinstal incbg 5.1 dimana instalernya 5.0 dng type D..dan folder data di casemix inacbg instaler 5.0 saya kopy kan ke folder data casemix installer 5.1 ketika saya klik backup di inacbg instaler 5.1 loading dan gak keluar backupannya..gmn solusinya mas biar normal seperti backup di intaler inacbg 5.0?dan bermasalah gak nnti instal patch baru mas dan gmn solusinya ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya untuk apa harus pindah komputer? kalau naik kelas cukup ekstract file database di komputer server yang saat ini dipakai.

      Delete
  3. kenapa waktu saya download gile txt un-ecrypte kolom nya tidak sesuai ,terima kasih

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Selamat siang

    Pada versi 5.1.0.2016121292245 integrasi eklaim - SEP berhasil
    Setelah update ke versi 5.1.0.201703170645, sampai 5.1.1.201705010501 integrasi ke SEP jadi gagal, padahal settingan tidak ada yg dirubah, saat di cek dengan browser dg memasukkan alamat ( "ip server SEP"/WsLokalRest/sep/cbg/"Nomor SEP" ) di server Eklaim terbaca data dari SEP,

    apa memang ada perubahan settingan di eklaim??

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentukan format keluaran webservice dengan pilihan json

      Delete
  6. Selamat siang admin
    Saya sudah update inacbg versi 5.1.1.201705010501, tetapi pada menu laporan klaim individual nya tidak ada menu unduh TXT unencrypted, mohon koreksi nya.

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. menu unduhan txt un-encrypted dihilangkan mulai versi ini.

      Delete
    2. Jadi sangat kesulitan untuk melihat berapa pasien per nama dokter. Mohon menu unduh txt unencryted dimunculkan kembali. Karena itu sangat penting bagi rumah sakit. Atau apa Bisa ditambah dan ditampilkan nama dokter ri rekap file txt

      Delete
    3. txt-uncrypted dapat di ambil di datacenter E-klaim kemenkes.

      Delete
    4. dimana bisa diambil? tidak bisakah di download?

      Delete
  7. Selamat siang admin Saya sudah update inacbg versi 5.1.1.201705010501, tetapi pada menu laporan klaim individual nya tidak ada menu unduh TXT unencrypted, untuk kepentingan rekap . mohon di adakan kembali, karena selama ini pihak verifikator meminta rekap yg unenskrip. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai kesepakatan BPJS Kesehatan dan Kemenkes, bahwa file yang di berikan kepada BPJS Kesehatan adalah file yang terenkripsi. oleh karena itu mulai versi ini unduhan file un-encrypted ditiadakan dan BPJS hanya boleh menerima file yang terenkripsi.

      Delete
    2. Kenapa hanya kesepakatan Kemenkes dan BPJS kes? kepentingan RS di akomodasi oleh siapa? RS juga membutuhkan data tersebut.

      Delete
    3. Sesuai degnan penjelasan diatas, bahwa untuk keperluan RS data dapat diambil di data center E-Klaim kementerian kesehatan. Syaratnya RS Bapak harus mengirimkan data klaim secara online. lebih detail langkahnya dapat disimak di Juknis E-Klaim.

      Delete
  8. masalah dengan eclaim di tempat saya finalnya tidak muncul, lalu ketika saya instal patch ini, sudah bisa , tapi ketika akan mengambil file.txt list data yg sudah di input , kenapa jadi muncul 0 ya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga begitu, ternyata memang seperti itu fitur terbarunya, dan file .txt hanya bisa di ambil ketika kita kirim finalnya secara online ke database kemenkes. ketika saya coba kirim online ada masalah " Key mismatch data sudah pernah di kirim" dan menurut dari yg saya baca, itu di sebabkan karena database kemenkes hanya mau menerima data dari 1 PC saya yg mengirim datanya... dan ketika saya mencari PC pertama yg mengirim ke Kemenkes, malah muncul check internet connection... dan sekarang masih blum ada kemajuan mengenai ini...

      Delete
    2. Sama masalah kita sob..mohon bantuannya admin..saya sudah kirim contoh database dan screenshot ke email kemenkes..mohon di followup

      Delete
    3. SELAMAT SIANG AGAN,kenapa restore data yang lama kok ngak bisa ya gan,mohon pencerahannya.

      Delete
  9. Selamat Siang, Maaf Mau tanya pak bagaimana cara mendapatkan aplikasi Webservice versi 2.1 yg dpt menjembatani aplikasi Eklaim dengan SEP. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan hubungi bpjs kantor sabang setempat.

      Delete
  10. selamat sore admin,
    mau tanya, sebelum d update ke patch ini, hrus beresin dulu pendingan nya? apa bisa sambil di kerjain bulan berjalan?

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih rinci dapaqt dibaca di juknis

      Delete
  11. Kami dari RSU isma Prashanti Bali, tidak dapat mengirim data on line
    Message seperti ini :

    Pengiriman data klaim gagal (
    Not Found

    The requested URL /dc/wp.php was not found on this server.
    ).
    mohon bantuan

    ReplyDelete
  12. begitu yah, maaf sekali lagi ... barusan ada masalah dengan eclaim di tempat saya finalnya tidak muncul, lalu ketika saya instal patch ini, sudah bisa , tapi ketika akan mengambil file.txt list data yg sudah di input , kenapa jadi tidak muncul yah? terima kasih

    Cheap Offers: http://bit.ly/gadgets_cheap

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah data sudah dikirim ke data center kemenkes?

      Delete
    2. Kami dari RSm Gurah Kediri juga begitu, sudah enteri dan finalisasi tapi dta waktu laporan indifidual waktu ditampilkan juga 0..

      Delete
    3. Apakah data sudah dikirim ke data center kemenkes?

      Delete
  13. mohon info aplikasi inacbg tempat saya bleng gak bisa dibuka..gara2 download update inacbg versi 5.1.1.201705010501....mhn info boss

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan backup data sebelum proses perubahan pada aplikasi.

      Delete
  14. selamat siang admin. mohon info, apakah data yg sudah terentri sebelum updet 5.1.1 harus di gruper ulang guna keperluan verifikasi pihak bpjs, soalnya menurut pihak bpjs datanya tidak bisa ter enskrip harus gruping ulang. jika data yg masuk sudah ribuan harus gruping ulang akan sangat memakan waktu, jadi adakah solusi lainnya. terimakasih responnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak. maksudnya tidak terenskrip atau tidak terpurifikasi?

      Delete
  15. selamat siang admin mohon info, ini ada pihak dari BPJS minta file TXT nya padahal kan punya saya sudah update yang 5.1.1
    ini musti gimana apa harus dikembalikan yang versi sebelumnya
    mohon solusinya
    Terima Kasih,,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai dengan kesepakatan antara NCC dan BPJS Pusat, bahwa yang di berikan kepada BPJS Kesehatan adalah file text Encrypted. karena kesepakatan itulah maka file un-encrypted dihilangkan.

      Delete
    2. Tapi kan file unencryted untuk keperluan internal rumah sakit. Jadi jika dihilangkan rumah sakit yang mengalami sulitnya min. Karena tidak adanya jumlah pasien per dokternya.

      Delete
  16. menerus kn yg di atas syaa..menanya kan hal yg sama..

    mhon respon ny min... pertanyaan nya

    selamat siang admin mohon info, ini ada pihak dari BPJS minta file TXT nya padahal kan punya saya sudah update yang 5.1.1 ini musti gimana apa harus dikembalikan yang versi sebelumnya mohon solusinya Terima Kasih,,.

    ReplyDelete
  17. Mhn pencerahan...hasil grouping tdk bs kirim online. Kami blm pernah kirim online dr PC manapun, internet lancar. Pd keterangan status kirim "KEY_MISMATCH"

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini karenap pernah melakukan pengiriman data dari server lain. penanganannya dijelaskan padaJuknis.

      Delete
    2. Saya mengalami hal yang sama, sudah bersurat ke NCC. gimana selanjutnya belum juga bisa kirim online... info pls

      Delete
    3. permasalahan seperti ini ada pada server data center kemenkes, cuman admin kemenkes yg bisa meresetnya. cek juka apakah pernah tidak mengirimkan data klaim sejak 26 oktober 2016. Karena jika pernah berakibat juga pada pemblokiran tersebut.

      Delete
  18. mohon pencerahan, kita sekarang sudah pakai VPN dengan SEP dari BPJS, sementara kita harus mengirimkan online ke Kemenkes. gimana caranya agar bisa klaim terkirim online melalui VPN ke kemenkes ? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengiriman data online tidak bisa dilakukan melalui VPN ke BPJS Kesehatan. pengiriman online hanya bisa dikirim melalui jalur internet.

      Delete
  19. kok hari ini ga bisa di buka ecklaim ncc nya

    ReplyDelete
  20. kami dari rumah sakit magetan tidak bisa kirim online ada keterangan key mismatch mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan ikuti langkah-langkah yang ada di Juknis

      Delete
  21. Saya ingin menambahkan aplikasi lain di komputer e klaim tapi username dan password root saya tidak tahu, karena bawaan dari klaim, apakah saya boleh mengetahui agar database app lain bisa masuk.? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aplikasi e-klaim dibuat eksklusif, gak bisa di barengkan dengan aplikasi lain yang menggunakan basis data sama.

      Delete
  22. Masukan mohon ditambahkan kolom nama dokter dan dimunculkan nama doternya pada rekap excel. Krn itu sangat pent ng bagi rumah sakit untuk mengetahui berapa pasien yang ditangani oleh setiap dokter. Terima kasih

    ReplyDelete
  23. Menyambung masukan dari Daniel Elkana , bisakah Rumah Sakit , mendapatkan unduhan excel dengan data penuh sesuai input form individual ditambah dengan nama login operatornya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di ambil di data center e-klaim kemenkes.

      Delete
  24. siang pak kami dari rs sansani pekanbaru kenapa gagal kirim dataonline ke data center trims

    ReplyDelete
  25. Jadi bagaimana kami bisa mandapatkan rekap file yang didalamnya sudah lengkap dengan nama Dokterny pak jkn? Seperti data txt unencrypted yang sudah dihilangkan?

    ReplyDelete
  26. Mohon solusinya pak admin jkn yth

    ReplyDelete
  27. Ini demi keselamatan dan kenyamanan pelayanan rumah sakit terhadap dokter dan staf dan lain-lainnya pak..... Kami mohon.... Bapak lihat sendiri begitu banyak keluhan yang muncul akibat dihilangkannya menu uncrypted ini pak.

    ReplyDelete
  28. Untuk kebutuhan data detail eklaim sudah di jabarkan di Juknis E-klaim. Silahkan ikuti langkah disana. pendeknya data dapat diambil di data center E-Klaim kementerian kesehatan

    ReplyDelete
  29. Mohon bantunannya fitur COB pada saat update patch ke versi 5.1.1.201705010501 kok gak ada ya?
    tapi ketika instal baru ada..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya sudah.. rupanya ada di menu setup, enable kan COB nya

      Delete
  30. Mohon pencerahan tentang tarif yang naik kelas
    di dalam e-klaim telah di input, dimana telah di grouper
    1. group muncul tarif,
    2. special procedure juga muncul tarif CMG,
    3. spesial prosthesis juga muncul tarif CMG.
    ketika di final pada tambahan biaya hasil nya
    rek rs - group tarif = hasil

    kenapa tarif CMG nya gak terhitung..?
    mohon penjelasan, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasus ini sudah di bahas di group Telegram? Berhasil?

      Delete
    2. mohon pencerahan bagaimana melakukan update data dasar pada data center .rumah sakit .

      Delete
    3. Silahkan masuk http://inacbg.kemkes.go.id

      Delete
  31. saya mengalami kendala seperti rumah sakit magetan,dan rs lain yaitu "keymismatch", saya tanyakan ke IT bpjs setempat, suruh baca juknis nya, setelah dibaca, saya kirim permohonan reset ke email inacbg, mendapat feedback untuk diteruskan ke support inacbg, setelah itu mendapat feedback yang sama, yaitu penjelasan ttg keymismatch dan penanggulangannya tapi sama solusinya "di jelaskan di juknis", saya sudah melakukan yang di juknis juga ga ada feedback tuh. saya telpon kemenkes pusat, disuruh telpon ke nomer satunya lagi, setelah ditelpon malah suruh telpon staf IT nya, di telpon staf IT nya suruh sms, di sms malah tidak ada balasan. sudah 5 hari sejak pelaporan pertama hingga hari ini ga ada tindakan.

    ReplyDelete