Search This Blog

Friday, January 13, 2017

Bagaimana : Menggunakan Tool Import INACBG 2.0 Untuk Merecover Data E-Klaim 5.1

Pada tulisan sebelumnya telah dijelaskan fungsi Tool Import INACBG 2.0 dan link download tools tersebut. Berikut ini akan disampaikan langkah-langkah penggunaan untuk mengimport data dari text file kedalam aplikasi E-Klaim 5.1

Setelah download dan Install, di desktop akan ada icon ImportINACBG, dari sinilah aplikasi ImportINACBG dijalankan. Pada saat dijalankan maka akan muncul tampilan seperti pada gambar diatas, silahkan klik gambar diatas untuk melihat gambar dengan ukuran lebih besar sehingga lebih jelas.

Sebelum menjalankan tool ini, Pastikan kode rumah sakit sudah terdaftar dalam basis data tools. Jika belum terdaftar silahkan kontak link yang ada pada aplikasi tools tersebut untuk di daftarakan. Untuk melihat kontak silahkan klik tombol About. Selain itu pastikan saat menjalankan tools, komputer yang digunakan dalam keadaan terhubung dengan internet.

Cara penggunaannya cukup mudah, untuk memudahkan siapkan file text yang akan di import dalam satu folder D:\Rekap. Aplikasi ini dapat dijalankan dari komputer manapun selama terhubung dengan server E-Klaim 5.1.

Pada bagian atas terdapat parameter yang harus di isi, yakni Server INACBG, Lokasi File Text, opsi sumber dan tujuan data dalam file text, dan type tarif rs yang akan dituju.
  • Server INACBG
  • Diisi dengan IP server inacbg, atau jika dijalankan di server inacbg maka isilah dengan localhost, secara default ini akan berisi localhost.
  • Lokasi File Text
  • isi dengan nama rekap file text yang akan di import lengkap dengan path atau nama folder tempat file rekap text, misalnya D:\rekap\01062016.txt. Untuk mempermudah dapat menggunakan tombol di sebelah kanan untuk mengambil nama file text yang akan di import.
  • Asal Dan tujuan
  • Silahkan pilih versi aplikasi yang menjadi sumber data. Jika file text berasal dari versi 4.1 maka pilih INACBG 4.1 ===> E-Klaim 5.1. Jika berasal dari aplikasi E-Klaim 5.1 atau dari Data center kemenkes pilih E-Klaim 5.1 ===> E-Klaim 5.1
  • Tentukan tipe tarif tujuan
  • Tentukan type tarif yang menjadi tujuan pada dropdown yang ada, misalnya RS Pemerintah Type B
Setelah semua parameter tersebut diisi, tinggal klik tombol Proses di sebelah kanan bawah. Maka satu persatu data akan dikirim ke aplikasi E-Klaim. Data akan langsung di grouping dan bersifat final. Jika pada data klaim terdapat Special CMG maka otomatis menambahkan Special CMG pada data-data klaim yang memang mengadung special CMG.

Setelah menekan tombol proses, proses akan berjalan dan dibagian bawah akan muncul indikator persentase proses. Waktu yang dibutuhkan untuk import sangat tergantung dengan banyaknya data dan kemampuan server E-Klaim. Untuk kecepatan proses, sangat disarankan untuk menjalankan aplikasi ini di server E-Klaim, bukan dari komputer klien.

Jika Berhasil akan nampak seperti pada gambar dibawah ini.


Update Info

Bagi pengguna tool ini, akan ada pesan bahwa tool ini sudah tidak sesuai dengan perkembangan aplikasi E-Klaim.
Kami informasikan bahwa aplikasi E-Klaim sudah mengalamin pengembangan, dan saat ini versi baru Tools Import sudah dikembangkan sesuai dengan perkembangan aplikasi E-Klaim. Versi baru Tools Import akan didistribusikan pada kegiatan Pelatihan teknis E-Klaim dan Penguatan Koder.


Untuk mengikuti tulisan-tulisan dalam website ini dan informasi terbaru tentang Casemix, silahkan ikuti chanel E-Klaim dan INACBG melalui aplikasi telegram di link berikut ini.

21 komentar:

  1. Min.. saat menggunakan tool import ini begitu ngeklik proses muncul error box " Unhandled exception has occurred in your application. dst.."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan penulisan server e-klaimnya tepat.

      Delete
    2. Min sy jg mengalami hal yg sama,servernya sy isi localhost krn di 1 comp.

      Delete
  2. ketika akan instalasi app ini meminta password...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Password ada di link download, silahkan klik http://www.inacbg.net/2017/01/bagaimana-menggabungkan-data-e-klaim.html.

      lebih baik lagi kalau download ulang

      Delete
    2. OK trima kasih, sudah bisa di instal.

      Delete
  3. kenapa muncul peringatan...
    tools ini sudah tidak sesuai dengan perkembangan eclaim...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aplikasi E-Klaim sudah mengalamin perkembangan, saat ini tool import ini sedang penyesuaian. Akan dirilis kembali saat Pelatihan teknis E-Klaim pada tanggal 9 Februari 2017 bersamaan dengan update aplikasi E-Klaim.

      Delete
    2. kalau mengenai troubleshooting Aplikasi E-claim siapa yang dapat kita hubungi? atau sudah ada forum tertentu? soalnya di tempat saya masih banyak problem soal aplikasi E claim ini.. trimakasih.

      Delete
  4. file txt yang kami unggah ke verifikator bpjs mulai tanggal 11 januari 2017, ada peringatan " format file tidak sesuai dengan PPK Menkes"
    bagaimana solusinya ?...terimakasih

    ReplyDelete
  5. mau gunakan tool inport INACBG/E-Klaim tapi muncul pesang : pembuatan e-klaim baru
    http://localhost/eklaim/ws-php?mode=debug
    Unable to connect to the remote server
    mohon solusinya.....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan aplikasi E-Klaim berjalan pada komputer lokal

      Delete
  6. data yang akan diimport apa saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tool ini sudah tidak dapat digunakan, gunakan fitur import pada aplikasi versi 5.1.1

      Delete
  7. Data dri sim rs apakah bisa diimport menggunakan versi 5,kalo bisa data y apa sja dan gimana susunan data y?

    ReplyDelete
  8. Data dri sim rs apakah bisa diimport menggunakan versi 5,kalo bisa data y apa sja dan gimana susunan data y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk interkoneksi antara simrs dengan e-klaim menggunakan mekanisme tersendiri. bisa di baca di Juknis.

      Delete
  9. Dari aplikasi inacbgs apakh bisa melihat dpjp?

    ReplyDelete