Search This Blog

Friday, January 1, 2016

Bagaimana : Mengatasi Error SQL Table Casemix_Inacbg.alt_diagnosis doesn't exist

Akhir-akhir ini makin banyak yang mengalami masalah saat grouping khususnya berkenaan dengan error SQL seperti pada judul diatas. Hampir dapat dipastikan yang mendapatkan error tersebut adalah mereka yang memiliki server baru, atau baru melakukan instalasi INACBG, baik pada komputer lama atau pada komputer baru. Jika error ini muncul, tentu RS tidak akan mendapatkan tarif CBG sesuai dengan kasus yang akna di klaimkan. Apa sebenarnya masalahnya sehingga muncul error tersebut.

Pesan error ini muncul karena adanya perubahan pada basisdata grouper versi 3.2 yang digunakan oleh INACBG versi 4.1. Gerouper sendiri sebenarnya merupakan aplikasi terpisah dari INACBG. Aplikasi ini mengalami perbaikan-perbaikan dari masa ke masa dan memiliki batas waktu pakai. Biasanya grouper memiliki masa pakai satu tahun atau enam bulan untuk versi terakhir saat ini grouper berlaku selama 6 bulan mulai sejak 1 Juli 2015 hingga 30 Juni 2016.

Dalam setiap perpanjangan masa pakai grouper biasanya dilakukan perbaikan-perbaikan atua perubahan, baik pada aplikasi atau basisdata yang digunakan. Perubahan basisdata terakhir terjadi pada saat perpanjangan lisensi grouper pada 1 Januari 2015. Perpanjangan aplikasi grouper pada 1 Januari 2015 berlaku untuk masa 6 bulan atau sampai 30 Juni 2015. Kemudian pada 1 Juli 2015 NCC mengeluarkan perpanjangan lisensi grouper yang berlaku sampai 30 Juni 2016. Perpanjangan lisensi yang dilakukan pada tanggal 1 Juli 2015 hanya memberikan tambahan masa pakai selama satu tahun kedepan, tanpa adanya perubahan basisdata. Oleh karena itu bagi Rumah Sakit (RS) yang meng-install aplikasi INACBG versi 4.1 dan memasang perpanjangan lisensi per 1 Juli 2015 akan mengalami masalah error seperti pada pesan seperti pada gambar berikut.


Jika diklik pada tombol OK, maka INACBG tidak akan mendapatkan tarif CBG karena grouper tidak akan berhasil melakukan grouping pelayanan dengan kode group X seperti pada gambar berikut.


Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan update pada basis data grouper. Berikut ini file update basisdata grouper yang telah di kemas ulang agar lebih mudah dalam instalasinya. file update ini didasarkan pada update data yang disertakan dalam perpanjangan grouper 1 Januari 2015. File Update ini berlaku hingga 30 Juni 2016 sesuai dengan masa aktif lisensi gruper kecuali dinyatkaan lain kemudian sesuai dengan perkembangan.

Silahkan download file update disini. Setelah download kemudian jalankan dan ikuti instruksi yang muncul sampai finish. perlu di ingat, sebelum menjalankan, pastikan xampp dalam keadaan off atua STOP.

Download Disini


Semoga bermanfaat.

10 komentar:

  1. terimakasih gan, smoga anda mendapatkan balasan dari yang kuasa...

    setelah 2 hari ngobrak-abrik tuh program,, akhirnya terpecahkan juga... trims gan, artikel yg sangat baik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makaih om udah mampir, selamat ya, anda bisa tidur nyenyak sekarang.

      Delete
    2. cara merepair gimana
      MySQL said: Documentation
      Cannot connect: invalid settings.
      phpMyAdmin tried to connect to the MySQL server, and the server rejected the connection. You should check the host, username and password in your configuration and make sure that they correspond to the information given by the administrator of the MySQL server.

      Delete
  2. Error loading user dan database rusak setelah direpair kembali rusak lagi mohon bantuannya untuk mencegah agar database tidak rusak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas hadi cara merepairnya bagaimana?

      Delete
    2. Sebab kerusakan database paling sering terjadi adalah listrik yang tidak stabil. pastikan listrik stabil dan proses shutdown berjalan normal. Jika perlu gunakan UPS.

      Delete
  3. Error loading user dan database rusak setelah direpair kembali rusak lagi mohon bantuannya untuk mencegah agar database tidak rusak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu diperhatikan sebab-sebab kerusakan, paling sering adalah komputer mati mendadak atau tanpa melalui proses shutdown atau proses lain yang benar. Untuk menghindari kerusakan database diupayakan proses mematikan komputer dengan benar, atau gunakan UPS yang cukup untuk mengantisipasi arus listrik yang tidak baik.

      Delete
  4. cara merepair gimana, MySQL said: Documentation
    Cannot connect: invalid settings.
    phpMyAdmin tried to connect to the MySQL server, and the server rejected the connection. You should check the host, username and password in your configuration and make sure that they correspond to the information given by the administrator of the MySQL server.

    ReplyDelete
    Replies
    1. NCC tidak memperkenankan penggunaan PHPMyAdmin pada server INACBG.

      Delete