Search This Blog

Saturday, August 22, 2015

Bagaimana : Langkah-langkah Instalasi INACBG 4.1

Pada saat tulisan ini dibuat INACBG berada pada versi 4.1 sementara aplikasi groupernya pada versi 3.2 dengan beberapa kali perpanjangan lisensi. Setiap rilis INACBG baru selalu dalam bentuk update. Artinya aplikasi yang diterbitkan oleh NCC berupa file update untuk aplikasi versi sebelumnya sehingga menjadi versi terbaru. Karena berupa update, maka pengguna diharuskan telah memiliki versi sebelumnya yang sudah terinstall. Masalah timbul ketika Rumah sakit (RS) akan mengganti komputer server INACBG dengan yang baru sehingga harus meng-install dari versi sebelumnya. Dan akan lebih kesulitan lagi bagi RS yang baru bekerjasama dalam program JKN sehingga tidak memiliki komputer yang sudah terinstall aplikasi INACBG versi sebelumnya. Banyaknya file instalasi akan membingungkan pengguna file mana yang harus di instal terlebih dahulu.

Bagi RS yang sudah terdaftar sebelum tahun 2014 pada umumnya sudah memiliki file installer secara lengkap dan data RS sudah terdaftar pada aplikasi INACBG. Sedangkan Rs yang baru terdaftar pada tahun 2015 atau sesudahnya maka selain update aplikasi INACBG juga akan mendapatkan update registrasi RS atau biasa disebut Database RS. Berikut Langkah-langkah Install INACBG 4.1
  1. Install INACBG 4.0
  2. Pada paket instalasi INACBG 4.0, selain installer aplikasi INACBG juga terdapat installer aplikasi-aplikasi pendukung lainnya seperti xampp, pdf reader, firefox dan lain-lain. Kita cukup menginstall seperti biasa dengan cara menjalankan file setup.exe. Installer akan secara otomatis mendeteksi keberadaan software yang diperlukan di komputer, jika software pendukung belum ditemukan maka installer akan secara otomatis menginstall semua software yang dibutuhkan.

    Baca baik-baik setiap pesan atau kotak dialog yang muncul sehingga kita paham dengan apa yang sedang terjadi. Masukan password jika diminta sesuai yang diberikan oleh kemenkes dalam hal ini NCC. Ikuti prosedur sampai selesai klik Finish. Setalah itu biasanya Installer minta restart komputer, turutin aja ya. Hidupkan ulang atau Restart Komputer.

  3. Install Update INACBG 4.1
  4. Setelah proses restart selesai, jalankan update INACBG 4.1. Download update INACBG versi 4.1 sesuai dengan regional masing-masing. Sebagaimana kita tahu sesuai dengan permenkes No. 27 Tahun 2014 bahwa implementasi INACBG dibagi menjadi 5 regional sesuai dengan wilayah masing-masing. Jika RS anda baru dan tidak tahu berada di regional berapa silahkan lihat pada permenkes tersebut dan anda berada di provinsi mana, karena regionalisasi didasarkan pada wilayah tertentu. Proses update akan berjalan lebih cepat dari proses instalasi sebelumnya, karena cuman proses update saja. ikuti proses sampai selesai.

  5. Install perpanjangan grouper edisi Januari 2015
  6. Sebenarnya perpanjangan grouper edisi ini hanya ditujukan bagi pengguna INACBG 4.1 yang groupernya berakhir pada 31 Desember 2014. Perpanjangan grouper edisi januari 2015 ini sendiri berlaku sampai dengan 30 Juni 2015. Namun karena pada update grouper atau perpanjangan lisensi edisi ini terdapat perubahan basis data grouper maka terpaksa kita perlu menjalankan update ini. Jalankan sampai selesai, proses berlangsung kurang dari 1 menit. File perpanjangan grouper Januari 2015 dapat di download disini

  7. Install perpanjangan grouper edisi Juni 2015
  8. Sebagaimana disebutkan sebelumnya perpanjangan grouper edisi 2015 hanya berlaku sampai dengan 30 Juni 2015. Oleh karena itu grouper tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi. Install perpanjangan grouper edisi Juni 2015 supaya INACBG dapat digunakan. Grouper edisi ini berlaku sampai dengan 30 Juni 2016. File perpanjangan grouper Juni 2015 dapat di download disini

  9. Install Update Database RS (Khusus RS Baru)
  10. Jika RS anda baru dalam program JKN tentu belum terdaftar dalam aplikasi INACBG, setelah proses registrasi anda akan mendapat update database RS yang didalamnya ada data RS anda. Silahkan jalankan sesuai panduan yang dikirimkan dari Kemenkes dalam hal ini NCC. Bagi RS yang sudah terdaftar sejak tahun 2014 tida perlu menjalankan update ini.

  11. Konfigurasi INACBG
  12. Setelah semua proses instalasi selesai, silahkan lakukan konfigurasi INACBG agar dapat digunakan. Lakukan setup kode RS dan validasi, pastikan data sudah benar terutama kode RS dan type serta reginal RS agar tarif INACBG yang muncul juga benar.
Setelah semua proses selesai, silahkan di coba melakukan grouping satu kasus dan perhatikan hasil grouping yang muncul. Lihat kode CBG yang muncul dan tarif yang muncul kemudian sesuaikan dengan Permenkes No. 59 Tahun 2014, jangan lupa perhatikan regional RS supaya tidak tertukar. Jika tarif sudah sesuai artinya proses instalasi sudah benar. Jika tidak sesuai perhatikan apakah semua kode CBG tarifnya tidak sesuai atau hanya beberapa kode CBG saja silahkan mengacu pada Surat Edaran menteri kesehatan No. HK.03.03/X/1817/2014 tentang perbedaan tarif INACBG pada software INACBG dan Permenkes No. 59 Tahun 2014.

Demikian proses Instalasi INACBG 4.1 semoga bermanfaat.



49 komentar:

  1. Gimana cara dapatkan instaler inacbg 4.0 karena kami mau ganti server inacbg di rs kami..mohon bantuannya

    ReplyDelete
  2. RS mestinya punya installernya yang dikasih oleh BUK. atau Bisa di Download disini silahkan, https://www.facebook.com/groups/sirsdancasemix/687143517982622/

    ReplyDelete
  3. Mohon bantuan Admin, kami menginstal pada window8 dan pada saat grouping muncul pop-up screen windows feature yang meminta download .Net Framework yang bila di "cancel" hasil grouper jadi error namun bila di "OK" file tidak terdownload, adakah yang salah dengan langkah instalasi kami ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada paket installer ada folder extra, didalamnya ada file dotnetfx.exe, pastikan fiel tersebut sudah dijalankan.

      Delete
  4. cara bridging ke sep versi yang baru gimana ya ( setingan di file ip.php ) trims

    ReplyDelete
  5. Selamat siang,

    Kami dari rumah sakit Selaguri Padang mau menanyakan mengenai perrmasalahan

    dengan software Inacbgs. Software kami sudah bridging dengan SEP tapi ada

    beberapa nomor SEP pasien yang tidak bisa di panggil ketika pengentryan. Ketika

    di entry nomor SEP itu yang muncul " Error - No MR sudah ada " . Lalu kami coba

    entry dengan cara manual tapi ketika di proses CBG Grouper tidak bisa muncul

    tarifnya. Saya akan kirim print screen nya ke Team NCC untuk bisa di pelajari.

    Saya sudah coba konfirmasi dengan teman2 dari rumah sakit lain ternyata mereka

    juga mengalami hal yang sama dengan rumah sakit kami.

    Saya sudah coba uninstall software Inacbg nya dan juga sudah menghapus data

    yang ada di Local Disk C ( di dalam Folder Addins = DAT ) dan mengulang kem

    bali install software Inacbg 4.0 dan 4.1 . Tetapi tidak juga menyelesaikan

    permasalahan.

    Mohon bantuannya karena klaim kami harus masuk tanggal 18 Desember 2015

    ini. Terima kasih atas perhatiannya.

    Rumah sakit Selaguri Padang


    Qorrie dan Widya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kasus tarif CBG tidak dapat muncul atau muncul tapi nol, silahkan di coba dengan melakukan setup ulang kode rs di aplikasi inacbg. simpan kemudian log in ulang.

      Delete
  6. Bisakah aplikasi incbg ini diinstall di windows 8.1 pak??

    ReplyDelete
  7. selamat sore .
    mohon bantuannya.saya ingin bertanya kenapa saat kita localhost/inacbg/ keluar error 404. terima kasih

    ReplyDelete
  8. Mohon bantuannya untuk instal inacbgs d win8...sudah dicoba saat selesai aplikasi jalan tetapi saay cpu dihidupkan kembali/restart...langsung tidak jalan aplikasinya,malah jd error grouper...mohon bantuannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk error grouper, silahkan cek dengan cara sesuai permenkes, halaman 25

      Delete
  9. Kenapa setelah diinstal ulang, kemudian saya restore.. Untuk entry pasien baru bisa.. Tapi untuk entry pasien lama yg sebelumnya perna mendapat pelayanan, selalu 'gagal gruper, error hubungi admin'

    ReplyDelete
    Replies
    1. laukan langkah-langkah sesuai pada permenkes halaman 25

      Delete
  10. Saya mau menanyakan apakah inacbg bisa di install di linux, karena kemungkinan sistem kami akan menggukan linux semua. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hingga saat ini belum ada yang berhasil install inacbg di Linux.

      Delete
    2. Maaf sebelumnya..apa yg dikatakan Mz. Risma Ruswanto...tentang inacbg di linux..kenapa kok cuma bisa di instal di Windows..sedangkan program linux jg ada...mohon jg inacbg kalo bisa di program linux

      Delete
    3. aplikasi eklaim masih tergantung pada aplikasi grouper dari UNU yang hanya berjalan pada OS Windows

      Delete
  11. Mohon bantuan, incbgs kami tiba tiba tidak bisa input diagnosa atau kosong.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan telah terjadi kerusakan database, Lakukan repair database.

      Delete
  12. Saya dari RS Pusri instal ulang server INACBG waktu grouping muncul "Gagal untuk memperoleh hasil grouper. Silakan hubungi Administrator."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dimana untuk mendapatkan INACBGs 4.0?

      Delete
    2. Silahkan ikuti langkah-langkah perbaikan sesuai Permenkes No. 27 tahun 2015 halaman 25.

      Untuk installer inacbg dapat di download di website ini.

      Delete
  13. Dimana untuk mendapatkan INACBGs 4.0?

    ReplyDelete
  14. Saya pakai win 8.1 Pro, setiap kali proses CBG Grouper selalu muncul pesan error "Gagal untuk memperoleh hasil grouper. Silahkan hubungi Administrator"

    Mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan ikuti langkah-langkah sebagaimana tercantum dalam permenkes No. 27 2014 halaman 25

      Delete
  15. maaf gan mau nanya saya sudah mengikuti langkah2 yang ada didokumentasi cara instalasi incbg sampai selesai yaitu pada bagian instalasi regunu akan tetapi ketika saya akses melalui localhost/inacbg dia selalu mencul pesan error Error loading user mohon pencerahannya min saya masih awam dalam tahap instalasinya boleh saya minta cara yang lebih detailnya untuk instalasi inacbgnya sampai selesai terimakasih

    ReplyDelete
  16. Mohon bantuan...
    kemarin tgl 29 juli 2016 komputer untuk inacbg saya intal ulang karena mengalami banyak error.
    sudah saya restore back up data sebelume. trus permasalahannya hr ni baru tahu dan ngecek di laporannya ternyata khusus kolom operator nya saja kosong...!.
    mohon bantuannya.. trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. permasalahan ini masih dalam proses perbaikan pada system inacbg. prinsipnya sealma datanya final tetap dapat di proses klaim secaran ormal.

      Delete
    2. Selamat pagi...
      perlu bantuan untuk penarikan laporan inacbg di rekap text. ketika di purifikasi di SEP, terjadi data masih kosong. padahal output rekap text di buka lewat notpad ada isinya!
      mohon pecerahannya itu kesalahan terletak dimana...? terimakasih!

      Delete
  17. Selamat pagi...
    Mohon bantuannya...
    Kenapa nomor askes tidak muncul di inacbg... Sedangkan itu pasien lama yang sudah sering berobat

    ReplyDelete
  18. Selamat pagi...
    Mohon bantuannya admin...
    kenapa aplikasi inacbg setiap mati listrik, suka error...? contoh kasus tidak bisa grouping...tarifnya suka licensi expire terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasus ini sering terjadi, penyebab utamanya dalah rusaknya database akibat komputer mati tanpa mendadak atau tidak prosedural. solusinya lakukan reparasi database.

      Delete
  19. Ini Link Files INACBG
    http://www.4shared.com/rar/DSyhJfdOba/SEP_Dan_Ina-CBG401.html

    ReplyDelete
  20. apa betul ada software inacbg versi 5.0 pak? sesuia perubahan PMK no. 52 2016? trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul silahkan download di http://inacbg.kemkes.go.id

      Delete
  21. Selamat Pagi.
    Mau tanya pak, di rumah sakit saya sering sekali No SEP tidak ditemukan pada saat di entry di INACBG's.
    Saya bingung yang bermasalah SEP atau INACBG's nya?
    Terima Kasih.

    ReplyDelete

  22. Kami dari RSU Harapan Ibu, ingin menanyakan klaim RS pelayanan bulan oktober hanya sampai tanggal 25 Oktober. tanggal 26 oktober sampai 31 oktober menunggu update tarif inacbg. sudah keluar belum ya update inacbg'snya..mohon info. tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan download di http://inacbg.kemkes.go.id

      Delete
  23. Selamat Pagi.
    Gan, mohon bantuannya, ini saya mau update Inacbgs versi 5.
    Tp rencananya saya akan pakai komputer lain dl, terus di ambil databasenya (dr komputer yg 1nya) baru di update yg versi 5.

    la ini masalahnya saat instal inacbgs yg versi 4 dan 4.1, xamppnya tidak mau jalan.
    Ini kenapa ya?
    mohon solusinya gan.
    sdh coba uninstall xampp tp juga blm bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tengok sini gan
      http://www.inacbg.net/2016/11/faq-bagaimana-menjalankan-inacbg-41-dan.html

      Delete
  24. Admin, saya baru instal ulang PC trs setelah saya instal INACBGs 4.1 sesuai dengan urutan nya pada saat melakukan setup Rumah Sakit kode klinik saya tidak terdaftar dalam database,Mohon bantuannya Trims.
    KLINIK UTAMA SANO MEDIKA (K2171002)

    ReplyDelete
  25. Admin untuk dapatksn INACBGs versi 5 dimana ya, sy mau update dari versi 4.1
    Trimakasih

    (wageas rsu kaliwates)

    ReplyDelete
  26. piye ki bos, aku instal inacb selalu muncul eror gruper hubungi adminstrator baik di win 7 maupun di win 8, help me!!!

    ReplyDelete
  27. mau bertanya pada Admin inacbg,apakah inacbg 4.1 masih bisa di pakai? karena ketika saya install 4.1 selalu licenci expired,kita masih membutuh kan 4.1 min

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bisa, dengan catatan dilakukan perpanjangan lisensi, silahkan download dari http://inacbg.kemkes.go.id

      Delete
  28. min mau nanya lagi ko kelas RS nya kosong ya ? kenapa min?

    ReplyDelete
  29. bagaimana caranya setting code rs dan validasi ? kami kesulitan untuk masuk ke portal NCC

    ReplyDelete
  30. Mau tanya sekaligus permohonan..kenapa inacbg kok belum bisa di terapkan di LINUX..sedangkan kami akan pindah program ke LINUX...kalo bisa inacbg jg bisa di jalankan di LINUX. trim

    ReplyDelete