Search This Blog

Wednesday, July 1, 2015

INACBG Lisence Expired, Please contact NCC

Tulisan ini didasarkan pada history pertanyaan-pertanyaan yang sering di ajukan oleh pengguna di forum NCC. Perlu diingat bahwa pada saat tulisan ini dibuat, BUK baru saja merilis update grouper untuk memperpanjang penggunaan grouper yang sebelumnya pada update Januari 2015 hanya berlaku sampai dengan 29 Juni 2015. Sehingga jika menemukan kasus Lisensi expired pastikan grouper yang terpasang sudah versi terakhir. Atau untuk masalah update grouper bisa di lihat pada tulisan sebelumnya disini

Update Juli 2016 : sesuai dengan masa aktif Grouper, Per Juli 2016 NCC telah merilis perpanjangan grouper untuk di gunakan sampai dengan 31 Januari 2017, lebih detail silahkan baca artikel disini.

Namun jika masih menemukan kendala Lisence Expired ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ini berdasarkan pengamatan Grouper 4.1 akan memberikan pesan Lisenced Expired, Please Contact NCC." Jika terjadi hal-hal berikut :
1. Digunakan diluar 31 Januari 2017
2. Regional Setting Tidak Sesuai ketentuan
3. Pernah melakukan grouping diluar tanggal tersebut,
4. pernah melakukan grouping dengan regional setting yang salah.
5. Setting User Account Control Setting pada setting terendah.
6. Mungkin juga ada sebab lain yang saya belum menemukan.

Perlu diingat bahwa setiap kali kita melakukan grouping, Grouper akan mencatat Tanggal komputer pada saat grouping dilakukan. Format pencatatan tergantung setting pada komputer. Jadi meskipun saat ini Setting tanggal pada regional setting sudah benar namun masih muncul Lisence Expired, mungkin karena sebelumnya pernah melakukan grouping pada saat tanggal komputer tidak benar atau tidak sesuai ketentuan.

Bagaimana jika regional setting sudah sesuai tapi masih menampilkan pesan lisensi expired? Ada beberapa hal yang dapat dilakukan.
1. Pastikan tanda checkbox pada XAMPP Control Panel Application tidak di centang.
2. Pastikan anda menggunakan regional setting dengan konsisten, tidak berubah-ubah pada komputer tersebut. Gunakan format Indonesia.
3. Langkah berikutnya jika belum terselesaikan juga Dengan terpaksa Hapus file C:\Windows\addins\DAT\G30\sys.dat. Untuk dapat menghapusnya user yang digunakan harus memiliki hak baca tulis kedalam file tersebut.

Buat teman-teman yang berhasil menyelesaikan masalah baik dengan kreatifitas sendiri atau berdasar panduan atau saran orang lain dimohon untuk menuliskannya di group casemix sebagai pembelajaran bagi anggota yang lain. Karena bisa jadi orang lain juga menghadapi masalah yang sama dan belum dapat menyelesaikannya.

Jika dengan prosedur diatas masih tetap muncul Lisence Expired, coba untuk memeriksa apakah grouper yang terinstall benar-benar grouper terakhir, caranya silahkan klik Disini

7 komentar:

  1. pak admin sudah saya install dan entry ulang tapi muncul gagal memperoleh hasil gruper gmana ya cara memperbaikinya?
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikuti petunjuk sesuai permenkes 27 tahun 2014 halaman 25

      Delete
  2. Pak admin mohon pencerahannya
    Sebelumnya di bulan juli saya sdah update licensi inacbgsnya berhasil...
    Tapi setelah di bulan september ini inacgsnya kembali licensi expired mohon solusinya...Pak admin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan ikuti petunjuk dalam tulisan ini. termasuk link yang menghubungkan dengan artikel lain.

      Delete
  3. Saya install ulang inacbg, database lama saya pindah ke installan yg baru.
    Saat cari pasien lama yang sudah dientri ternyata ga muncul (data tidak ditemukan). klo lihat di laporan data dapat muncul.
    Saat entri data pasien lama, muncul pesan norm sudah ada.

    gmn pak solusi agar norm dapat muncul.
    trm ksh.

    ReplyDelete
  4. pak admin sudah saya cek semuanya udh tanda centang hijau . tp masih licence expired. mohon bantuannya

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete